Waspadalah sekarang Ubur-Ubur Mengambil alih Lautan

Headline
Foto Istimewa
Oleh: Ellyzar Zachra PB
Teknologi - Minggu, 5 Desember 2010 | 19:48 WIB

INILAH.COM, Jakarta- Ubur-ubur akan segera mengambil alih populasi lautan. Ini terkait meningkatnya jumlah zat asam di lautan seluruh dunia sehingga membunuh para predator.
"Laut Inggris diserbu ubur-ubur dengan jumlah melebihi rekor yang ada," ujar ahli kelautan.
Peringatan ini datang dalam sebuah laporan baru menyangkut pengasaman laut, suatu efek samping yang sering diabaikan dalam pembakaran fosil. Penelitain menunjukkan bahwa meningkatnya karbon dioksida di atmosfer tidak hanya memicu perubahan iklim tetapi juga mempengaruhi keasaman laut.
Sejak awal revolusi industri, tingkat keasaman laut sudah meningkat 30% berdasarkan laporan ahli biologi yang diterbitkan program lingkungan PBB terkait perubahan iklim.
Berdasarkan diskusi di Cancun, Meksiko, pengasaman laut membuat terumbu karang dan kerang sulit membentuk kerangka. Ini mengancam makhluk hidup yang lebih besar mendapatkan makanan.
Penurunan jumlah makanan itu juga menyebabkan ledakan populasi ubur-ubur. Laporan yang ditulis oleh Dr. Carol Turley dari Plymouth University ini mengatakan bahwa pengasaman laut juga terkait peningkatan jumlah ubur-ubur dan perubahan jumlah ikan.
Ubur-ubur memang kebal terhadap pengasaman laut. Seperti dampak penurunan spesies lain yang menjadi predator ubur-ubur, hewan kenyal itu akan merajai ekologi laut.
Penelitan itu juga menunjukkan bahwa clown fish, ikan yang terkenal karena muncul di film Finding Nemo, sulit bertahan di laut karena sistem navigasi terganggu akibat pengasaman laut.




0 Komentar:

Post a Comment