Inilah Kura-Kura Legenda Dari Vietnam

Ribuan orang berkumpul di sebuah danau tercemar di ibukota Vietnam, Hanoi, untuk menyaksikan upaya penyelamatan kura-kura raksasa langka yang menjadi bagian budaya rakyat Vietnam.Rekaman video televisi minggu ini menunjukkan kura-kura air tawar seberat 200 kilogram dengan luka menganga pada leher dan kakinya.
Sejumlah pekerja terlihat berupaya menjauhkan atau mendorong kura-kura ini dari pembuangan air dan danau Hoan Kiem yang penuh sampah supaya bisa segera mendapat pengobatan.

Upaya-upaya penyelamatan sejauh ini gagal dan kura-kura raksasa ini menghindar dari penyelamat yang berharap bisa menangkapnya dengan jaring besar.
Para pakar mengadakan pertemuan untuk memutuskan apa yang selanjutnya akan dilakukan.

Dikenal sebagai "kakek buyut," kura-kura ini diperkirakan satu dari hanya empat sejenisnya yang masih hidup. Sejarahnya bisa ditelusuri sejak berabad-abad dalam dongeng-dongeng rakyat Vietnam. Sebagian bahkan percaya kura-kura ini adalah hewan yang sama yang membantu raja Vietnam mengusir pasukan Tiongkok hampir enam abad lalu.
Sejumlah foto kura-kura "kakek buyut" yang dimuat baru-baru ini telah memicu keprihatinan publik. Koran-koran Hanoi mengangkatnya sebagaiberita halaman depan dan perbincangan internet penuh dengan dukungan bagi binatang ini.




0 Komentar:

Post a Comment