Inilah Syarat Jika Jakarta Ingin Menjadi Kota Besar Dunia

Kota Jakarta bakal masuk dalam radar jutawan dunia sebagai kota pilihan untuk tinggal. Survei perusahaan konsultan properti global, Frank Knight, memperkirakan posisi Jakarta naik signifikan dari peringkat ke-48 menjadi 28 sebagai kota pilihan tinggal bagi orang kaya dunia dalam 10 tahun mendatang.

"Penilaian itu berdasarkan survei pemilihan top 40 kota besar dunia," kata Country Head of Knight Frank Indonesia, Willson Karlip, dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu, 13 April 2011.

Menurut Willson, prospek Jakarta terbilang baik karena kota ini telah menerima kepercayaan dari para orang-orang kaya di seluruh dunia. Apalagi, Jakarta saat ini menempati peringkat ke-17 sebagai kota pilihan investasi dan bisnis.

Namun, Willson mencatat ada tujuh persyaratan yang perlu dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan kota pilihan orang kaya dunia itu. Ketujuh persyaratan itu adalah menjaga kestabilan politik dan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan. Selain itu, mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, dan menjamin kepatuhan hukum.

Persyaratan lain adalah peningkatan iklim investasi beserta peraturan yang menunjang, penanganan masalah banjir dan transportasi, perbaikan serta peningkatan infrastruktur kota.

Dua syarat lainnya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Jakarta serta adanya kepastian hukum kepemilikan properti oleh orang asing.

Selain syarat-syarat tersebut, kondisi sektor properti Jakarta yang sedang bergairah selama ini juga menjadi salah satu instrumen penting dalam memperlancar terwujudnya Jakarta sebagai kota besar dunia.

Terpilihnya Jakarta sebagai kota pilihan para orang-orang kaya di dunia juga berimbas pada peringkat Jakarta sebagai kota pilihan investasi dan bisnis. 




0 Komentar:

Post a Comment