Mengapa Baju Dokter Berwarna Hijau

Pernah gak agan-agan terpikir mengapa dokter ahli bedah menggunakan jubah atau baju berwarna hijau ketika sedang melakukan tugasnya?
Ane udah mencoba mencari-cari artikel ini, dan inilah yang ingin ane bagi.


Semula memang yang digunakan adalah warna putih yang melambangkan kebersihan. Namun, seorang dokter berpengaruh menggantinya dengan warna 
hijau karena menurut dia warna hijaulebih nyaman di mata. Walaupu sulit dikonfirmasi mengapa warna hijau jadi populer karena alasan ini, hijau memang cocok bagi dokter untuk melihat lebih baik di ruang pembedahan, karena hijau adalah lawan dari warna merah dalam roda warna.

Spoiler for ijo-ijo


Menurut seorang ahli psikologi, melihat pada warna 
hijau dapat menyegarkan mata ahli bedah dalam melihat benda-benda bewarna merah, termasuk organ-organ tubuh yang berlumuran darah saat pembedahan. Melihat warna merah terus meneruts menyebabkan sinyal warna merah di otak memudar sensifitasnya terhadap variasi warna merah.
Spoiler for operasi


Alasan lainnya adalah, terus-menerus berfokus pada warna merah akan menyebabkan ilusi nofa berwarna 
hijau pada latar warna berwarna terang atau putih. Ini akan menggangu penlihatan dokter. Jika warna baju ahli bedah berwarna hijau, ilusi ini akan memudar dan tidak akan mengganggu penglihatan dokter.




2 Komentar:

  1. oy klo boleh usul, tulisannya jgn wrna merah donk kan sakit lama2 bacanya,.......

    ganti warna hijau aja kayak baju dokter tuh heheheheheee.....

    ReplyDelete
  2. ternyata seperti itu toh, thanks infonya

    ReplyDelete