Sai Baba yang Di kira Dajjal Meninggal Dunia

Tokoh spiritual India, Sathya Sai Baba, meninggal dunia di usia 86 tahun, kemarin. Sai Baba yang diyakini pengikutnya sebagai manusia setengah dewa dan konon mampu membangkitkan orang mati ini meninggal akibat penyakit jantung dan pernafasan.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Sai Baba dirawat sekitar sebulan di Rumah Sakit Puttaparthi, negara bagian Andra Pradesh, India. Baba kemudian disemayamkan di ashram-nya di Puttaparthi.

Dalam tautan foto ini, terlihat jenazah Sai Baba diletakkan di dalam peti mati transparan. Di ashram-nya, pengikut Baba pun berbondong-bondong ingin melihat jenazah Baba.

Sejumlah pengikut Sai Baba juga terlihat meluapkan kesedihan atas meninggalnya Baba. Kesedihan terlihat saat jenazah Baba dibawa kembali ke ashram-nya. Di sepanjang jalan, pengikut Sai Baba menangis saat melihat ambulan membawa jenazah Baba.

Sai Baba, lahir di Puttaparthi pada 23 November 1926, dengan nama asli Sathyanarayana Raju. Raju kemudian mendeklarasikan diri sebagai reinkarnasi seorang tokoh suci aliran Maharashtri, yaitu Sai Baba dari Shirdi, dan kemudian mengganti nama menjadi Sai Baba.

Ajarannya yang memadukan Hindu dan Islam berhasil menghimpun jutaan pengikut yang tersebar di 114 negara. Pengikutnya sebagian besar merupakan kalangan menengah ke atas, salah satu pengikut Baba adalah aktris Hollywood Goldie Hawn.

Namun, Sai Baba juga dikenal sebagai tokoh kontroversial karena terjerat kasus pelecehan seksual. Kemampuan Sai Baba dalam menghidupkan warga Amerika Walter Cowan pada 1971 pun juga dianggap sebuah tipuan oleh seorang wartawan Inggris, Mick Brown yang melakukan liputan investigasi dengan menelusuri surat-surat dari sejumlah dokter yang memeriksa Cowan.

Sepeti apa kontroversi Sai Baba, Anda bisa lihat di tautan berita ini.

From : Vivanews.com



1 Komentar: