Inilah Sebabnya Kenapa Negara Thailand Tidak Pernah di Jajah!

agan agan pasti udh bljar wktu sd/smp/sma tentang sejarah...ane juga baru inget gan,,knpa yee...Thailand tdk pernah d'jajah..???

Quote:
Spoiler for :
Kerajaan Thai merupakan tempat terletaknya beberapa wilayah geografis yang berbeda. Di sebelah utara, keadaannya bergunung-gunung, dan titik tertingginya berada di Doi Inthanon (2.576 m). Sebelah timur laut terdiri dari Hamparan Khorat, yang dibatasi di timur oleh sungai Mekong. Wilayah tengah negara didominasi lembah sungai Chao Phraya yang hampir seluruhnya datar, dan mengalir ke Teluk Thailand. Di sebelah selatan terdapat Tanah Genting Kra yang melebar ke Semenanjung Melayu.
Cuaca setempat adalah tropis dan bercirikan monsun. Ada monsun hujan, hangat dan berawan dari sebelah barat daya antara pertengahan Mei dan September, serta monsun yang kering dan sejuk dari sebelah timur laut dari November hingga pertengahan Maret. Tanah genting di sebelah selatan selalu panas dan lembab. Kota-kota besar selain ibu kota Bangkok termasuk Nakhon Ratchasima, Nakhon Sawan, Chiang Mai, dan Songkhla.
Kerajaan Thai berbatasan dengan Laos dan Myanmar di sebelah utara, dengan Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dengan Myanmar dan Laut Timur di barat dan dengan Laos dan Kamboja di timur. Koordinat geografisnya adalah 5°-21° LU dan 97°-106° BT
Ternyata ini gan...Penyebab Thailand tidak pernah di jajah...Ada faktor Internal dan Faktor eksternal...
Faktor Internal
Spoiler for faktor internal:
  • Raja thailand pada masa itu sifatnya terbuka terhadap dunia luar.
  • Sudah adanya orang-orang yang berpendidikan di thailand pada masa itu terutama keluarga kerajaan.anak-anak raja,keluarga raja di kirimkan keluar negeri(ke Eropa)guna menuntut ilmu,bahkan mendatangkan guru dari eropa ke kerajaan untuk mengajarkan ilmu pengetahuan.


Faktor Eksternal
Spoiler for faktor eksternal:
  • Negara Thailand pada masa itu menjadi buffer state(perbatasan)wilayah para kolonialis
  • Eropa,antara Inggris di utara dan selatan,Prancis di Indocina dan Belanda di Hindia Belanda.

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :


Sekian INFO dari ane gan..




0 Komentar:

Post a Comment