CIA Akan Rilis Film Rahasia Via Youtube

Dinas Rahasia Amerika Serikat, CIA, akan melepas film dokumenter produksinya lewat ranah daring. Karya yang sebelumnya tak pernah disaksikan publik itu bercerita tentang dua opsir CIA yang tertangkap di China pada sebuah misi diam-diam pada tahun 1952. Ujung dari pembekukan itu adalah penjara bagi keduanya.


Kantor berita Associated Press (AP) mendapatkan salinan film itu berkat Undang-undang Kebebasan Memperoleh Informasi.

Diberi judul "Extraordinary Fidelity", film dengan masa putar satu jam itu menggabungkan cuplikan gambar serta reka ulang kejadian demi melukiskan keadaan para petugas yang ditembak ketika memulihkan seorang mata-mata China yang bekerja bagi CIA di wilayah Manchuria, China bagian utara.


Dua pilot pesawat tewas. Namun, kedua perwira CIA - Richard G. Fecteau dan John T. Downey - dibebaskan berturut-turut pada tahun 1971 dan 1973.


"Extraordinary Fidelity" awalnya hanya diedarkan di kalangan internal. Namun CIA memutuskan mempublikasikan setelah AP berhasil mendapatkannya.

CIA berencana menayangkan dokumenter itu lewat YouTube.


Beberapa adegan menunjukkan penyergapan serta interogasi terhadap para opsir yang tertangkap oleh para serdadu China.


Disutradarai oleh Paul Wimmer, sebelumnya dikenal sebagai produser serta sutradara dokumenter tragedi 11 September berjudul "Pentagon Under Fire," film itu dikerjakan oleh Pusat Studi Intelijen milik CIA.




0 Komentar:

Post a Comment