15 Foto Yang Menjadi Saksi Sejarah Dunia

Di bawah adalah foto-foto pilihan dari beberapa peristiwa yang paling penting atau terkenal dalam sejarah sejak fotografi ditemukan. Pada tahun 1884, George Eeastman mengembangkan teknologi untuk menggantikan pelat film fotografi, yang mengarah pada teknologi yang digunakan oleh kamera film yang digunakan sekarang. Bagaimanapun, banyak foto-foto yang telah ada sebelum ditemukannya metode pengambilan foto lain.
1. Foto Pertama (Perancis, 1826)

Diambil oleh Nicéphore Niépce, ini adalah foto pertama yang pernah diambil yang masih ada. Dia menyebut tekniknya heliography (sun writing) dan foto ini mengambil waktu 8 jam untuk waktu pemaparan (karenanya sinar matahari ada di kedua sisi bangunan).

2. Looking Down Sacramento Street (San Fransisco, 1906)

Foto ini diambil pada tanggal 18 April 1906. Ini adalah foto paling terkenal dari kehancuran yang disebabkan oleh kebakaran besar dan gempa bumi. Foto ini diambil oleh Arnold Genthe menggunakan kamera pinjaman.

3. Breaker Boys (Pennsylvania, 1910)

Ini adalah foto dari breaker boys – istilah untuk buruh anak-anak yang bekerja memisahkan batu bara dari batuan lain. Foto ini membantu menghimbau negara untuk melarang buruh anak-anak. Foto ini diambil oleh Lewis Hine yang bepergian ke seluruh Amerika Serikat untuk memotret foto buruh anak-anak.

4. The Lynching of Young Blacks (Indiana, 1930)

Foto ini diambil setelah penggantungan dua pria berkulit hitam yang merupakan tersangka pemerkosaan seorang gadis kulit putih. Mereka digantung oleh 10.000 orang, bisa dilihat dari keramaian di foto. Orang ketiga diselamatkan oleh paman si gadis yang menyatakan ia tidak bersalah.

5. Migrant Mother (Oklahoma, 1936)

Ini adalah foto dari Florence Owens Thompson (32 tahun, ibu dari 7 anak) yang merupakan salah satu representasi besar dari The Great Depression (jatuhnya pererekonomian dunia saat perang dunia II). Foto ini diambil oleh Dorotha Lange setelah Florence menjual tendanya untuk membeli makanan untuk anak-anaknya.

6. Hitler di Paris (Paris, 1940)

Foto ini diambil saat Adolf Hitler mengunjungi Paris dengan arsiteknya Albert Speer, pada 23 Juni 1940. Tentara Hitler telah menguasai Paris dan Hitler pergi ke sana untuk mengagumi kota barunya.

7. Yahudi Terakhir di Vinnitsa (Ukraina, 1941)

Foto ini ditemukan di album pribadi seorang tentara Einsatzgruppen. Foto ini diberi label “Yahudi Terakhir di Vinnitsa” di bagian belakang. Semua Yahudi, 28000 jiwa, dibunuh pada saat itu.

8. V-J Day (New York, 1945)

Ini adalah salah satu foto paling terkenal di perang dunia kedua. Tentara dan perawat itu tidak diketahui tapi foto itu begitu menarik perhatian orang-orang. Rupanya si perawat menampar si tentara tak lama kemudian. Foto ini merupakan perayaan berakhirnya perang dan diambil di Times Square oleg Alfred Eisenstaedt.

9. Bendera Soviet Dikibarkan di atas Reichstag (Berlin, 1945)

Tentara Uni Soviet Raqymzhan Qoshqarbaev dan Georguj Bulatov mengibarkan bendera di atap bangunan Reichstag di Berlin, Jerman bulan Mei 1945. Foto ini diambil oleh Yevgeny Khaldei.

10. Vatikan II Dimulai (Kota Vatikan, 1960)

Ini adalah foto Paus Yohanes XXIII menandatangani dokumen yang secara resmi memulai Konsili Vatikan II. Setelah kematiannya, Paus Paulus VI melanjutkan konsili yang mengubah Gereja Katolik begitu banyak yang nyaris menjadi kebalikan dari sebelumnya. Di akhir hidupnya, Yohanes XXIII dikabarkan mengatakan, “Hentikan konsili!”

11. Tubuh Che Guevara (Bolivia, 1967)

Setelah menangkap dan membunuh Guevara (revolusioner Marxis), tentara Bolivia menunjukkan foto ini untuk membuktikan kematiannya. Kematiannya merupakan sebuah pukulan bagi gerakan sosialis revolusioner di Amerika Latin dan Dunia Ketiga.

12. Eksekusi Seorang Gerilya Viet Cong (Vietnam, 1968)

Fotografer Eddie Adams mengambil foto dari Nguyen Ngoc Loa, kepala polisi nasional Vietnam Selatan yang sedang mengeksekusi kelapa kapten Viet Cong. Adam kemudian mengatakan bahwa ia menyesal dunia tidak melihat pinjaman sebagai pahlawan satas perbuatannya di Vietnam.

13. Jejak Kaki di Bulan (Bulan, 1969)

Pada tanggal 20 Juli 1969, Neil Armstrong menginjak kakinya di bulan. Ini adalah jejak kaki pertama manusia di bulan. Mereka membawa kamera TV saat itu. Jejak kaki pertama ini akan ada di sana selama jutaan tahun. Foto ini diambil oleh Buzz Aldrin.

14. Phan Thị Kim Phúc (Vietnam, 1972)

Gadis di tengah foto adalah Kim Phúc, 9 tahun. Dia berlari dari serangan bom yang menyebabkan luka bakar serius di punggungnya. Anak yang di depan adalah saudaranya. Mereka berdua selamat. Foto ini (diambil oleh Hyunh Cong Ut) menjadi salah satu foto yang paling banyak dipublikasikan dari Perang Vietnam.

15. Tiananmen Square (Cina, 1989)

Mungkin ini adalah foto pemberontakan yang paling terkenal di Cina tahun 1989, foto ini menunjukkan seseorang yang menahan tank yang datang ke tengah kota. Pria itu selamat tapi tak lama setelahnya alun-alun penuh dengan darah tak bersalah.






4 Komentar:

  1. ya namanya sejarah pasti ada yang mengerikan ada juga yang bikin kita tercengang

    ReplyDelete
  2. ehm banyak sekali kejadian2nya gan

    ReplyDelete