Zimbabwe, Rilis Uang 100 Trilliun Dollar

 
Zimbabwe kembali menghebohkan dunia dengan menerbitkan uang kertas pecahan 100 triliun dollar. Ini merupakan uang kertas dengan pecahan tertinggi. Sebelumnya, Zimbabwe sudah mengedarkan uang kertas pecahan tertinggi 100 miliar dollar.
Penerbitan uang kertas dengan nilai spektakuler ini merupakan upaya terbaru negara Afrika itu untuk menahan hiperinflasi yang telah membuat perekonomian negara itu compang-camping. Uang kertas baru dengan 14 digit nol (100.000.000.000.000) itu akan setara sekitar 300 dollar AS atau sekitar Rp 3,3 juta.
 
Surat kabar pemerintah, Herald, melaporkan, Jumat (16/1), Reserve Bank of Zimbabwe juga akan menerbitkan tiga uang kertas lainnya dalam denominasi triliun dollar, yakni 10, 20, dan 50. Padahal, baru pekan lalu bank itu mengeluarkan uang kertas dalam denominasi miliar dollar, masing-masing 10, 20, dan 50 dengan tujuan yang sama.
Namun, uang-uang kertas itu tidak lagi cukup untuk menjaga hiperinflasi. Nilai mata uang dollar Zimbabwe terus turun setelah inflasi mendera hingga sebesar 231 juta persen pada Juli. Para pakar keuangan memperkirakan nilai inflasi akan naik lebih tinggi berkali-kali.
 





8 Komentar:

  1. hemm apa bisa di tiru juga yah oleh negara kita..

    ReplyDelete
  2. gileee benerrrr,, uang senilai 3.3 juta di kita, itu hanya selembar aja,,

    ReplyDelete
  3. wahhh, hanya dengan uang selembar, bisa beli apa aja tuh,,, ada2 aja,

    ReplyDelete
  4. Semakin besar nilai nominal uang tapi semakin kecil bentuk uangnya, gak akan keliatan tuh kita punya uang banyak, hahaha

    ReplyDelete
  5. gila nih....
    apakah indonesia juga akan melakukan hal yg sama??!!

    ReplyDelete
  6. duuuh andai aja ya indonesia bisa kayak gitu ..hehe

    ReplyDelete