Misteri Batu Naga dan Manusia Botak di Kuningan belum Terungkap

Tim Arkelologi masih melakukan penelitian temuan dua batu bergambar naga dan pria botak memegang kudhi sejenis senjata di Gunung Pojok Tilu, Kuningan, Jabar. Masih belum terungkap makna gambar itu dan keberadaan dua buah batu di tempat itu.

"Dua naga terlihat jelas pada batu setinggi 160 cm tersebut. Naga yang pertama terlihat jelas kepala dan badannya. Naga yang kedua dapat dikatakan lengkap, yakni ada kepala yang berjambul atau bermahkota, badan, dan ekor," jelas Ketua Umum Masyarakat Arkeologi Indonesia (MARI) Dr. Ali Akbar dalam keterangannya, Sabtu (16/3/2013).

Selain pahatan naga, terdapat pahatan-pahatan lain pada batu tersebut. Masyarakat Arkeologi Indonesia (MARI) dan Pemerintah Kabupaten Kuningan terus melakukan penelitian sepanjang bulan Maret 2013.

"Naga yang kedua ini digambarkan berada di samping seseorang berkepala botak. Orang tersebut memegang ekor naga dan tangan lainnya memegang senjata. Senjata ini kemungkinan adalah kudi atau kudhi, yakni senjata khas Banyumas," jelas Akbar.

Tim arkeolog masih mencari tahu apa kaitan antara senjata tersebut dengan Kuningan atau budaya Jawa Barat. Batu berelief tersebut berada di puncak Gunung Pojok Tilu, di mana gunung ini merupakan perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Kemungkinan pada masa lalu, batas administratif yang diterapkan saat ini belum dikenal. Selain itu, senjata kudi atau kudhi sering disebut-sebut sebagai cikal bakal bentuk kujang yang kini menjadi senjata khas Jawa Barat," jelas Ali.


http://us.images.detik.com/customthumb/2013/03/16/10/142205_naga2.jpg?w=460
 




11 Komentar:

  1. wah lama juga ga nongol ke sini jadi canggung mau komen apa
    :D
    oiya nanti kalo ngasih masukan atau saran buat blog ini boleh ga ???

    ReplyDelete
  2. tapi seperti buatan manusia jamann modern kini yah!!!!

    ReplyDelete
  3. Info yang menarik...
    terimakasih kasih banyak...

    ReplyDelete
  4. Ternyata ada juga yah peninggalan di indonesia yang menarik.

    ReplyDelete
  5. Artikel yang bagus...
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    ReplyDelete
  6. Artikelnya keren dan mantap banget sob. . Kami tunggu ya update terbarunya.
    Salam sehat

    ReplyDelete
  7. Ijin nyimak sob. . artikelnya mantap banget, kami tunggu update terbarunya.
    Salm sehat dan sukses

    ReplyDelete