5 Film Indonesia yang Harus di Tonton


Buat kamu penggemar film, mungkin nonton film Indonesia belum jadi prioritas utama. Masih lebih enak nonton film bule. Iya sih. Tapi menurut MBDC, ada banyak juga film Indonesia yang bagus-bagus. Beberapa film yang akan MBDC bahas ini adalah yang secara historis (asik) penting bagi perfilman Indonesia. Makanya wajib kamu tonton. Jadi yah:

Malam Satu Suro

Ini udah pernah kita bahas di artikel Film Horor Indonesia Jadul Yang Bikin Trauma. Seperti yang sudah pernah kita sepakati bersama bahwa SUKETI ITU LEGENDA! Seserem-seremnya pelem horor adalah pilem Malam Satu Suro. Enough said. Beberapa tahun lalu sih masih sering diputer di tipi lokal, tapi sekarang coba aja cari di yutub. Uji nyali aja, masih berani gak kamu nontonnya sendirian malem-malem. Kenapa pilem ini kita anggap sebagai salah satu yang terpenting di perfilman Indonesia? Ya supaya mengingatkan bahwa kita pernah punya era film horor yang bombastis dibandingkan dengan era film horor sekarang yang jatohnya kayak komedi ngasal.

Ada Apa dengan Cinta

Ya kali deh kamu gak nonton AAdC. Film ini penting karena semacam angin segar yang menandakan bangkitnya pelem Indonesia komersil ke ranah bioskop tanah air. Lagian ya, dibandingkan dengan pelem-pelem Indonesia sejenis lainnya yang sekarang ramai di bioskop, AAdC ini masih lebih bagus. Beneran deh. Kayaknya sih DVD/VCD nya masih beredar di toko toko CD di kota Anda. Mudah mudahan.

Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI

Udah MBDC kasih alasannya di artikel 5 Alasan Kenapa Film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI Itu Bagus. Baca aja lagi sendiri yes. Yang jelas film ini teramat sangat penting bukan cuma dalam konteks sejarah perfilman, tapi juga sejarah Indonesia. Sedap. Di yutub ada kok.

The Act Of Killing

Mungkin beberapa dari kamu gak familiar sama film ini. Karena memang ini film festival dan baru dirilis sekitar akhir tahun lalu. Pemutarannya pun terbatas hanya di pusat-pusat kebudayaan dan beberapa kampus. Film ini sangat penting untuk ditonton karena semacam anitesis dari film Penumpasan Penghianatan G30S PKI. Bentuknya dokumenter tentang para algojo yang bertugas menghabisi para pengikut PKI di Indonesia. Kalau mau nonton filmnya mungkin kamu bisa menghubungi sutradaranya Joshua Oppenheimer di twitter untuk minta diadain pemutaran film yang bisa kamu tonton bareng temen-temen kamu. Serius tonton deh.

Tjoet Nyak Dhien

Kenapa penting? Karena merupakan film Indonesia pertama yang diputer di festival film Cannes pada tahun 1990. Bukan cuma casting-nya yang luar biasa, tata sinematografi dan musiknya pun sangat kece. Salah satu film yang bikin kita bangga deh pernah bisa bikin film semacam ini. Tonton dimana ya? Coba cari aja VCD originalnya kayaknya juga masih ada di toko-toko CD.
Sebetulnya masih banyak lagi dan film-film Warkop, Benyamin S, bahkan Rhoma Irama pun sebetulnya pengen kita masukin ke list ini. Tapi kan udah pernah dibahas sendiri masing-masing. Nah sisa film yang lain menurut kamu penting, tambahin sendiri yaa.




312 Komentar:

  1. Bener banget gan, itu film indonesia yang terbaik.

    ReplyDelete
  2. AADC emang bagus.
    Yang aku sayangkan adalah, kenapa film horror indonesia makin kesini makin ngga jelas tema-nya deh, apalagi dengan maraknya bumbu2 yang terkesan lebih berani alias vulgar, khawatir anak-anak nonton..

    ReplyDelete
  3. inget masa kecil dulu tuh malam satu suro,.. film jadul tapi tidak bosan untuk di tonton.

    ReplyDelete
  4. seru juga nih gan boleh boleh lah siap berangkat gan aku donwload ya

    ReplyDelete
  5. Film yang jadul tapi ane masih suka apalagi malam satu suro..

    ReplyDelete
  6. Film AADC menurut aku, memberikan warna tersendiri pada perfilman di indonesia.. keren..

    ReplyDelete
  7. Info yang menarik..
    terimakasih.

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum, marhaban ya ramadhan, senyum sapa dari saya denny aby untuk para sobat blogger di bulan yang suci dan penuh berkah ini..artikelnya bermanfaat sekali buat saya, terimakasih sudah share..visit balik ya sob..

    ReplyDelete
  9. paling seru memang gan nonton film indonesia

    ReplyDelete
  10. film AADC emang sering nonton,tapi kalau film horor kayaknya kurang seru dech kalau yang meranin orang indonesia.

    ReplyDelete
  11. terimakasih gan atas infonya saya coba buka dah

    ReplyDelete
  12. film jadul tapi masih tetap suka ane tonton..

    ReplyDelete
  13. thnaks ga atas seputar informasinya salam kenal dan salam sukses selalu

    ReplyDelete
  14. Semoga lancar-lancar saja mas. amiin.

    ReplyDelete
  15. ia gan saya tonton dah makasih atas infonya

    ReplyDelete
  16. wih kayaknya seru nih gan boleh deh aku coba gan

    ReplyDelete
  17. bisa dah sudah saya liyat gan seru juga thanks ya gan

    ReplyDelete
  18. Informasi yang sangat menarik mas.

    ReplyDelete
  19. Saya suka sama karakter Rangga, keren.. hehe..

    ReplyDelete
  20. kenapa emangnya mas, diharuskan nonton flm indonesia yang itu bukan mesteri gunung merapi ke apa gtu yang lainya......!

    ReplyDelete
  21. Terimakasih banyak gan buat infonya.

    ReplyDelete
  22. ya gan makasih banyak atas share informasinya salam

    ReplyDelete
  23. Oh ternyata begitu ya mas. Saya baru tahu nih.

    ReplyDelete
  24. sayangnnye beberapa film udah ga di puter di tv nasional.

    ReplyDelete
  25. Artikel ini memberikan bayak informasi yang bisa saya dapat, terimakasih gan semoga diberikan keberkahan dan kelancaran. Amin…..

    ReplyDelete
  26. khusus dewasa ini mah gan yang nongtonnya ha ha ....

    ReplyDelete
  27. kira - kira masih banyak penggemarnya ga yah...!

    ReplyDelete
  28. Makasih buat infonya mas, semoga bisa bermanfaat.

    ReplyDelete
  29. makasih mas udah di share informasinya.

    ReplyDelete
  30. saya baru nonton AADC dan Malam Satu Suro. hehe

    ReplyDelete
  31. Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin apa bila saya sering berkomentar nyepam. Tidak ada maksud untuk melecehkan tetapi semua itu hanya tuntutan pekerjaan.

    ReplyDelete
  32. ya sudah saya liyat bener bener seru thanks ya gan

    ReplyDelete
  33. hmmm indonesia hebat juga ya gan ada film yang serunya ha ha .....

    ReplyDelete
  34. ia makasih ya gan atas share informasinya

    ReplyDelete
  35. romatis emang sih,tapi yang di sampingnya itu lo serem banget emangkaya gitu ya film aadc thanks atas infonya......!

    ReplyDelete
  36. Indonesia banget. cock di putar di hari kemerdekaan ini, semoga ada manfaatnya

    ReplyDelete
  37. Mantan nih Act Of Killing, mngulang sejarah G30spki, smoga bermanfaat, tq

    ReplyDelete
  38. ia bener bener seru juga gan ha ha thanks ya

    ReplyDelete
  39. Yang ada di eraku cuma AADC dong, waktu rangga dan cinta jadi pesona tahun itu

    ReplyDelete
  40. Informasinya cukup menarik juga dan berwawasan.

    ReplyDelete
  41. ijin menyimak salam kenal terus update .hatur nuhun

    ReplyDelete
  42. ya ya ya thanks ya gan atas sharenya memang seru gan

    ReplyDelete
  43. Setelah di baca ternyata lumayan juga.

    ReplyDelete
  44. Nice post..menarik info film"nya :D

    ReplyDelete
  45. film si rangga memang roamntis gan suka aku mah

    ReplyDelete
  46. Oh jadi begitu ya mas, saya baru tahu nih.

    ReplyDelete
  47. film indonesia ini memang seru bener ya gan lucu lucu tea

    ReplyDelete
  48. Infonya lumayan menarik di simak gan.

    ReplyDelete
  49. Oh jadi seperti itu om, saya baru tahu nih.

    ReplyDelete
  50. Tulisan artikel ini sangat bagus dan menginspirasi.

    ReplyDelete
  51. nice artikel gan, meskipun filmnya udah lama, tapi tetep keren.

    ReplyDelete
  52. mana gan artikel terbarunya terimakasih banyak atas sharenya ya gan
    salam

    ReplyDelete
  53. makasih infonya, btw pake template apa nih blognya :D

    ReplyDelete
  54. makassih banyak sobb tetntang infonya, dan salam bloggers

    ReplyDelete
  55. Wuih keren nih templatenya mas, ringan lagi. Boleh tau gak dapet dimana mas?

    ReplyDelete
  56. Sepertinya film-film tentang Indonesia juga mesti masuk jajaran list deh mas.
    Seperti Merah Putih, Laskar Pelangi, Tanah Air Beta dll

    ReplyDelete
  57. memang bener nih ada apa dengan cinta ini bagus banget

    ReplyDelete
  58. Sedikit banyak juga pasti membantu.

    ReplyDelete
  59. Oh jadi begitu gan, saya baru tahu nih.

    ReplyDelete
  60. film AADC emang sering nonton,tapi kalau film horor kayaknya kurang seru dech kalau yang meranin orang indonesia.

    ReplyDelete
  61. thnaks ga atas seputar informasinya salam kenal dan salam sukses selalu

    ReplyDelete
  62. siap dah siap sepertinya seru juga

    ReplyDelete
  63. nggak ada yg seru kayanya
    http://www.promomainan.com/
    http://www.mobil-sewa.com/home
    http://www.supplierbaut.com
    http://www.netsprogram.com

    ReplyDelete
  64. terima kasih yah tentang infonya sob, salam bloggers..

    ReplyDelete
  65. Artikelnya memberikan banyak informasi yang sangat luarbiasa. Terimakasih banyak gan, semoga liburan besoknya berkesan.

    ReplyDelete
  66. Informasinya menarik & sangat memberikan ilmu yang bermanfaat utuk saya pelajari lebih lanjut. Terimakasih gan.

    ReplyDelete
  67. semuanya film yang sangat terkenal

    ReplyDelete
  68. Emang keren-keren gan film nya. apalagi yang AADC

    ReplyDelete
  69. Tulisan artikel yang sangat menarik mas, pantas saja banyak yang komen disini.

    ReplyDelete
  70. iah seru seru bener ya gan makasih ya gan

    ReplyDelete
  71. seru banget yang gan terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete
  72. mantap postingannya bos.. rata2 sudah saya tonton semuanya :D http://www.cara-main-sbobet.com/

    ReplyDelete
  73. 5 cm yang terbaru juga bagus gan :))

    ReplyDelete
  74. maksih infonya,,,kunjungan baliknya saya tunggu ya ..

    ReplyDelete
  75. saya senang sekali membaca postingan agan ..
    terimkasih ..

    ReplyDelete
  76. information that is useful and beneficial gan

    ReplyDelete
  77. thanks already ngeposting interesting ..

    ReplyDelete
  78. terima kasih atas informasi dan ilmunya

    ReplyDelete
  79. Wah saya suka yg AADC gan

    http://footballfontcollection.blogspot.com

    ReplyDelete
  80. maksih sma infonya bang,, kayaknya film penumpasan pengkhianata G30SPKI pasti seru buat dtonton

    ReplyDelete
  81. gan thanks for the info .. I wait for the next post ..

    ReplyDelete
  82. kok nggak ada filmnya Iwan Fals ya gan??
    Padahal seru tuh ..haha :P

    ReplyDelete
  83. wahh nice info nih gan..thanks

    ReplyDelete
  84. I enjoyed reading the post agan ..
    thank you

    ReplyDelete
  85. thanks atas informasi dan ilmunya

    ReplyDelete
  86. This web site is really cool with his information

    ReplyDelete
  87. Wah, bener juga harus di tonton :D

    WKWK,,

    ReplyDelete
  88. Baru kali ini nih saya baca artikel yang semenarik ini

    ReplyDelete
  89. sore gan, ijin nyimak nih..

    ReplyDelete
  90. filmnya bagus-bagus tuh..

    ReplyDelete
  91. Biasanya film Indonesia kalo bagus episodenya selalu nambah wkwkwkw

    ReplyDelete
  92. Mantab .. Postingannya bagus banget , comment back www.mafiasitez.blogspot.com

    ReplyDelete
  93. filmnya dedy mizwar koq gak masuk om?? naga bonar gtu,,, hehhe

    ReplyDelete
  94. luar biasa sekali sangat bermanfaat informasinya... terimakasih banyak atas informasinya... semoga suksesnya....

    ReplyDelete
  95. terima kasih atas info dan informasi yang diberikan

    ReplyDelete
  96. terima kasih untuk menyediakan informasi yang berguna bagi saya dan mudah-mudahan Anda akan lebih sukses di hari berikutnya,

    ReplyDelete
  97. luar biasa sekali sangat bermanfaat infonya..
    Banyak pelajaran yang saya dapatkan pada blog ini...
    Makasihnya...Semoga sukses...

    ReplyDelete
  98. Terima kasih untuk posting yang sangat informatif

    ReplyDelete
  99. Good Article..i like..this post..keep a happy blogging..

    ReplyDelete
  100. I will also try to read the posts of this blog and put comments on them from now on

    ReplyDelete
  101. saya suka, artikel yang baik ..
    terima kasih banyak,

    ReplyDelete
  102. nice article, thank you for your posted..

    ReplyDelete
  103. artikel bagus.
    Ucapan terima kasih atas Informasinya

    ReplyDelete
  104. Jadi pengen nonton semuanya. Terima kasih infonya Gan

    ReplyDelete
  105. informasi yang sangat menarik,nyari ini dari kemarin

    ReplyDelete
  106. Informasi di atas ternyata telah banyak memberikan wawasan yang sangat bermanfaat. Terimakasih gan.

    ReplyDelete
  107. flimnya bagus untuk remaja Indonesia

    ReplyDelete
  108. Kalau gue lebih suka yang G30S PKI Gan ..
    Yang butuh tips komputer disini ya http://de-computer-tips.blogspot.com/
    atau yang butuh software, disini http://allsoftx.blogspot.com/

    ReplyDelete
  109. kayaknya yg terakhir boleh di tonton dan seru tuh ,,,,

    kpn2 sedot ahhh ,,, hehe

    www.perawatan-wajah.com

    ReplyDelete
  110. This is very great post and interesting :)

    ReplyDelete
  111. I like your information. I have been looking for this type of information that is interesting and good

    ReplyDelete
  112. masih kalah sama habibi dan ainun tuch :D

    ReplyDelete
  113. Infrmasinya menarikgan. Saya simak dan ternyata banyak informasi yang saya dapatkan. Terimakasihgan & selamat beristirahat.

    ReplyDelete
  114. agan nyediain free download film nya engga? pengen dong Hehe

    ReplyDelete
  115. Sangat senang menemukan web site ini. saya ingin mengucapkan terima kasih untuk membaca besar ini.

    ReplyDelete