Makna yang Tersembunyi dibalik angka 7

Loading image...

Unic29.com - Zaman dahulu, di China angka 7 dihubungkan dengan kehidupan seorang gadis, dimana gadis mempunyai gigi susu pada usia 7 bulan dan pada usia 7 tahun, dalam 2 x 7 tahun “roda yin” membuka ketika ia mencapai masa pubertas, dan pada 7 x 7 = 49 datanglah masa menopause.
Kekeramatan angka 7 tidak ditemui di Amerika sebelum masa Columbus, dimana Suku Maya percaya ada 7 lapis langit dan menganggap angka 7 sebagai angka penjuru mata angin.
Menurut cerita di India, angka 7 adalah angka terpenting di Kitab Suci Weda selain angka 3. Angka 7 secara khusus berkaitan dengan Agni, Dewa Api yang memiliki 7 istri, ibu atau adik serta 7 api, balok atau lidah, dan lagu-lagu yang diperuntukkan baginya berjumlah 7. Dalam kepercayaan mereka, Dewa Matahari mempunyai 7 kuda penarik keretanya di langit.

Dalam kepercayaan agama Buddha, Sidharta Gautama (Sang Buddha) yang abru lahir diyakini oleh pengikutnya langsung menapak 7 langkah. Ia mencari keselamatan selama 7 tahun dan mengitari pohon bodhi selama 7 kali sebelum duduk bermeditasi di bawahnya, Menurut cerita, bahwa 7 karya keagamaan akan membawa manfaat bagi orang-orang yang mempercayai kehidupan ini dan Syurga Budha mempunyai 7 teras.
Pada abad ke-14, sejarawan mesir Al- Maqrizi, mengatakan bahwa orang-orang Kristen di Mesir (Kristen Koptik) merayakan 7 pesta besar dan 7 pesta kecil di gereja mereka. Pesta tersebut adalah 7 untuk pesta kesenangan dan 7 untuk pesta kesedihan Maria yang selaras dengan irama Heptadik. Oleh karena itu dalam musik renaissance terdapat sejumlah lagu dengan 7 suara, yang biasanya dipersembahkan kepada Perawan Maria atau berkaitan dengan 7 pahala Roh Kudus.

Dalam bidang sains, angka 7 adalah dasar dari akumulasi angka yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari 7 atom, 7 partikel terkecil dan seterusnya.

Dalam Islam, ada hal yang menarik untuk diketahui, yaitu bahwa surah pertama dalam Al-Quran, yaitu Al-Fatihah mempunyai 7 ayat. Kalimat sahadat dalam Laa Ilaaha Ilaa Allah, Muhammad Rasul Allah terdiri dari 7 kata. Menurut Al-Quran, Tuhan menciptakan langit dan bumi menjadi 7 lapis. Thawaf mengelilingi Ka’bah di Mekah dilakukan sebanyak 7 kali, demikian juga dengan lari-lari kecil (Sa’i) antara Shafa dan Marwah. Pada akhir Haji, dekat Mina, Setan dilempar dalam 3 kali masing-masing dengan 7 buah kerikil kecil yang lazim disebut melempar Jumrah. Terdapat pula 7 surah dalam Al-Quran yang diawali dengan kalimat Tasbih (Mahasuci Allah) yaitu Al-Isra’, Al-A’la, At-Taghabun, Al-Jum’ah, Ash-Shaff, Al-Hasyr, Al-Hadid





12 Komentar:

  1. nice share,,,salam kenal saja dan di tunggu kunjungan baliknya sekedar untuk silaturahmi antar blogger mania :)

    ReplyDelete
  2. angka 7 memang angka keberuntungan aku gan :D

    ReplyDelete
  3. baru tahu kalau angka 7 itu memiliki makna yang dalam gan.. :D

    ReplyDelete
  4. thanks sudah sharing sob..

    ReplyDelete
  5. Info yang menarik..
    terimakasih banyak.

    ReplyDelete
  6. Angka kecil tapi memiliki makna yang besar.

    ReplyDelete
  7. Terimakasih sudah berbagi pengetahuan nya gan.

    ReplyDelete
  8. Thank you for finding the time to debate this, Personally i think strongly over it and love learning read more about this topic. Eminem, also known as Marshall Mathers, is one of the most commercially successful rappers of all time, with more than 100 million albums sold worldwide. He is one of the richest rappers in the world, with an estimated net worth of $210 million. Visit Eminem net worth for more information.

    ReplyDelete