Tayangan 3 Dimensi Ternyata Bisa Merusak Mata !

Teknologi tayangan televisi dan film kini memasuki 3 dimensi. Namun dibalik kemajuan teknologi itu, dokter menemukan bahwa tayangan 3D punya dampak ke kesehatan penontonnya.

American Association of Optometrists (asosiasi dokter mata) menyelenggarakan survei online kepada para penonton tayangan 3D. Hasilnya, seperempat dari responden survei mengatakan mata mereka berkunang-kunang, pusing, sakit kepala, sakit mata, dan mual.


Hasil survei juga menyatakan, para penonton yang merasa dampak ini kapok menonton tayangan 3D lagi. Menurut Martin Banks, pakar mata dari UCLA Berkeley, dampak tayangan 3D ke mata akibat objek tayangan yang 'menipu' mata manusia.


Mata manusia biasanya terpaku dan terus memfokuskan diri pada satu objek saat objek itu mendekat. Tapi tayangan 3D tidak membuat objek mendekat tapi memperlihatkan sederetan objek lain, ini membuat saraf mata bekerja lebih keras untuk fokus.


"Ini yang membuat mata merasa tidak nyaman dan lelah ketika menonton 3D," kata Banks.


Asosiasi Pakar Mata dari Inggris, juga mengeluarkan peringatan terhadap dampak gadget Nintendo 3D ke anak-anak. Menurut Nintendo, mata anak-anak butuh tayangan yang jelas dan tajam untuk perkembangan matanya. Tapi tayangan 3D tidak melakukan hal ini.


"Anak-anak harus beristirahat lima menit setelah memainkan atau menonton tayangan 3D selama sejam," demikian peringatan itu.


Tayangan 3D pertama kali memborbardir konsumen lewat film. Salah satu film 3D tersukses adalah Avatar yang berhasil meraup 237 juta poundsterling untuk versi 3D. Stasion televisi di Inggris, Sky, juga berencana mengudara dengan tayangan 3D yang mengharuskan penonton menggunakan kacamata.








23 Komentar:

  1. ya mungkin ada serunya juga kali ya nonton tayangan 3 dimensi, akan tetapi lebih aman nonton tayangan biasa saja deh, meski[un memiliki dampak juga, kalo terlalu berlebihan menontonnya.

    ReplyDelete
  2. memang seru nonton film 3D, tetapi ternyata ada bahaya nya juga,,, sering konsumsi vitamin mata untuk yang sering tayangan 3D..
    nice share

    ReplyDelete
  3. ane belum pernah nonton film yang 3D jadi belum tau efek nya..
    thanks info nya.

    ReplyDelete
  4. padahal tampilan gambar 3D itu bagus...
    ternyata malah merusak mata kita.

    ReplyDelete
  5. hemm emang siikh keren banget kaloo kita nonton film. apalagi 3D .tapi ternyata bia merusak jugha ya,,

    ReplyDelete
  6. berarti masih mendingan nonton film yang biasa aja yah gan?

    ReplyDelete
  7. artikel yang bagus,,,
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    ReplyDelete
  8. artikelnya baguss gann ..

    guee suka gayaa lhooo

    ReplyDelete
  9. biarkan sajha apabila kita nonton film 3d ...asalkan pake anti radiasi ajjha ,,biar gak merusak mta kita

    ReplyDelete
  10. iyah boleh boleh ajah asal jangan terlalu sering nonton nya gan...

    ReplyDelete
  11. wah, saya kebetulan belum pernah nonton film 3D. jadi belum merasakan juga gimana efeknya.

    ReplyDelete
  12. semuanya pasti ada sisi jeleknya.

    ReplyDelete
  13. pantesan kalu habis nonton 3D mata kayak agak aneh...

    ReplyDelete
  14. wah saya baru tahu ternyata film Avatar merupakan film tersukses.

    ReplyDelete
  15. wah yang bnr nih gan ,, hmm thx infonya yaa :)

    ReplyDelete
  16. untung aja ane ga pernah nonton gan . .

    ReplyDelete
  17. gpp asal jangan terlalu sering aja kali gan yah . .

    ReplyDelete
  18. film 3D itu seru banget , soalnya kita berasa maen di dalemnya juga hehe .
    tapi emang pasti bahaya sih ,

    ReplyDelete
  19. wah mesti di kurangi nih nonton 3D.

    ReplyDelete
  20. yg bagus belum tentu baik untuk kita

    ReplyDelete
  21. asiknya nonton tayangan 3D, tp efeknya tu yg gak enak

    ReplyDelete
  22. Saya sedang blogwalking nih..
    sekalian nitip link dan ditunggu kunjungannya di blog saya
    ttg tempat Wisata Lendir KOTA-KOTA di Indonesia yang tidak patut di KUNJUNGI:
    --->KOTA JAKARTA
    --->KOTA BANDUNG
    --->KOTA BOGOR
    --->KOTA SEMARANG
    --->KOTA JOGJA
    --->KOTA SOLO
    --->KOTA SURABAYA
    --->KOTA MALANG
    --->KOTA BATU
    --->KOTA KEDIRI
    --->KOTA DENPASAR
    --->KOTA BANJARMASIN
    --->KOTA BALIKPAPAN
    --->KOTA PONTIANAK
    --->KOTA BONTANG
    --->KOTA MEDAN
    --->KOTA ACEH
    --->KOTA PALEMBANG
    --->KOTA LAMPUNG
    --->KOTA BANTEN
    --->KOTA MENADO
    --->KOTA PALU
    --->KOTA MAKASSAR
    --->KOTA AMBON
    --->KOTA MERAUKE
    --->KOTA SORONG
    --->KOTA KUPANG
    --->KOTA BANYUWANGI
    --->KABUPATEN GRESIK
    --->KABUPATEN CIREBON
    --->KABUPATEN SIDOARJO
    --->KABUPATEN BADUNG
    --->KABUPATEN JIMBARAN






















































    ini linknya my bro and sist...
    jgan lupa ya.. lsg ke bawah ini
    --->KOTA-KOTA WISATA LENDIR DI INDONESIA yang tidak PATUT di KUNJUNGI









    ReplyDelete