Final Liga Champion Musim Ini Memakai Bola Khusus

Final Liga Champions merupakan kasta tertinggi persaingan Antarklub Eropa. Sudah pasti semua serba spesial, termasuk bola yang akan digunakan di partai itu.
Adidas, yang menjadi sponsor resmi UEFA, merilis bola yang akan digunakan pada pertandingan antara Barcelona melawan Manchester United, Sabtu (28/5) atau Minggu dini hari WIB. Bola yang diberi nama Finale London ini adalah bola ke-11 yang dikeluarkan khusus untuk final Liga Champions.

Si kulit bundar didominasi oleh warna putih dan merah dengan pola berbentuk bintang dan segi delapan. Warna merah-putih merujuk pada warna salib St. George, santo pelindung Inggris, yang juga menjadi lambang bendera Inggris. Pola bintang adalah lambang resmi UEFA Liga Champions.

Satu dari sekian banyak bintang pada bola tersebut berwarna oranye, simbol bahwa partai final adalah partai puncak. Pada bola tersebut juga terdapat logo resmi final Liga Champions Wembley 2011, bergambar dua singa memegang trofi Liga Champions.

Seperti dikutip Inilah.com, final kali ini adalah yang keenam kalinya digelar di Wembley dan yang pertamakalinya dalam 19 tahun terakhir.

Direktur kompetisi UEFA, Giorgio Marchetti, mengatakan, “Kami memperkirakan malam final akan menjadi malam yang luar biasa di sini, dengan jumlah penonton mendekati 90 ribu orang menyaksikan laga dua tim raksasa Eropa.”

“Starball adalah ikon dari Liga Champions dan merupakan kesempatan besar bisa bermain menggunakannya. Setiap tahun (kompetisi) ada bola baru dan setiap final ada bola baru. Penting untuk menandai keunikan setiap final yang kita mainkan dengan mencampurkan elemen Liga Champions dengan elemen kota dimana final digelar.”

Pola Finale London sendiri mengikuti pola yang pertama kali diperkenalkan pada bola final musim lalu, Finale Madrid. Teknologi bola disesuaikan dengan pola bintang. Teknologi yang dikembangkan kali ini difokuskan untuk membuat bola lebih stabil saat di udara, sembari tetap mempertahankan efektivitas tenaga, lengkungan dan kemudahan untuk dikontrol.





0 Komentar:

Post a Comment