Ternyata Setir Mobil lebih kotor dari WC umum


Hasil survey muktahir yang dilakukan oleh peneliti asal Inggris menyebutkan, setir mobil 9 kali lipat lebih kotor dibandingkan dengan kloset duduk yang ada di toilet umum.

Temuan terbaru ini memperkuat bukti bahwa interior mobil memainkan peran penting dalam menampung sejumlah spesies bakteri berbahaya, khususnya jika pengguna sering makan di dalam mobil dan meninggalkan wadah kosong ataupun sisa-sisa makanan di dalamnya.

Pada survey tersebut, ditemukan pula bahwa 42 persen pengemudi makan secara rutin di mobil. Padahal, hanya 33 persen yang mengaku membersihkan interior mobil mereka setiap tahun. Bahkan 10 persen responden tidak pernah berpikir untuk melakukannya.

Seperti dikutip dari MedIndia, 27 April 2011, peneliti dari Queen Mary University, London, Inggris, sekitar 80 bakteri bisa ditemukan di setiap inci persegi toilet umum. Di dalam mobil, jumlahnya mencapai 700 bakteri berbahaya.

Selain setir, dari seluruh bagian mobil, bagasi merupakan kawasan yang paling kotor. Secara rata-rata, peneliti menemukan 1.000 bakteri di setiap 1,5 inci persegi. Dari sejumlah bakteri yang ditemukan, Bacillus cereus, kuman yang menyebabkan keracunan makanan merupakan salah satu yang terdeteksi hadir di mobil.
Peneliti mendesak para pemilik mobil membersihkan bagian dalam kendaraan mereka demi meminimalisir risiko terserang penyakit.




1 Komentar:

  1. bener banget tuh apalagi kotoran2 itu nggak langsung di buang bisa bikin kuman2 yang ada di dalam mobil itu sendiri

    ReplyDelete