Truk Pembersih Kotoran Terbesrsih di dunia


Teknologi ramah lingkungan berkembang cukup pesat, dan Allianz Sweeper Company dari Amerika coba membuat terobosan dengan menggunakan truk. Namanya Allianz 4000, truk pembersih jalan di New York, Amerika berteknologi hibrida dan menjadi truk hibrida pertama di jenisnya.

Menurut Allianzsweeper.com, Allianz 4000 menggunakan mesin diesel 6,7 liter buatan Cummins, produsen mesin dan suku cadang asal Indiana, AS. Sementara itu, motor listriknya berkekuatan 120 kilowatt dan memperoleh tenaga dari dua baterai lithium-ion 12 volt. Hasilnya, truk ini lebih hemat 40-45 persen dari mesin dieselnya yang bahkan cenderung sudah hemat.
Soal “kerajinannya” dalam hal bersih-bersih, produsen menerapkan sistem sapu dan serokannya bergerak secara terpisah dari gerak truk. Sapunya bergerak pada kecepatan yang tetap melalui motor penggerak berkekuatan 60 kilowatt, sedang truknya melaju pada kecepatan 5-11 km per jam.

Dengan begitu, emisi yang ditimbulkan mesin sangat rendah, dan suara tidak sebising produk-produk sebelumnya. Kecepatan maksimum bisa mencapai 95 km per jam alias lincah jika harus pindah tempat. Sudah bisa bersih-bersih, truk ini “bersih” pula. Sayang, produsen tidak menyebutkan harganya. 




0 Komentar:

Post a Comment